kandungan gizi kurma kering dan kandungan gizi lainnya

Jumpa lagi pengunjung yang terhormat. Kali ini kami akan coba berikan sedikit informasi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk pengunjung. Melanjutkan postingan manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh yang telah lalu. Kali ini penulis akan membahas Kandungan Gizi Buah Kurma. 

1. Kandungan gizi kurma kering
Energi               =  1,180 kJ / 280 kcal
Karbohidrat      =  75 g
Gula                  =  63 g
Serat makanan  =  8 g
Lemak              =  0,4 g
Protein              =  2,5 g
Air                    =  21 g
Vitamin C         =  0,4 mg (1%)
Mangan            =  0,262 mg
Persentasi tersebut merujuk pada rekomendasi negara Amerika Serikat untuk umur dewasa

2. Kandungan gizi kurma
Kurma memiliki nilai gizi karbohidrat sederhana(gula) yang tinggi. Kandungan karbohidratnya berkisar dari sekitar 60% pada kurma lembek (yang diambil sewaktu masih lembek dan mentah). Adapun untuk kurma kering dapat mencapai hingga sekitar 70% (yang mengering di pohon dan terjemur matahari).

Kebanyakan varietas kurma mengandungi gula glukosa atau fruktosa. Namun, satu varietasnya yang bernama Deglet Noor yang tumbuh di California hanya mengandungi gula sukrosa (dikenal juga sebagai gula pasir). Glukosa adalah jenis gula yang ada di dalam darah, fruktosa adalah jenis gula yang terdapat dalam hampir semua buah-buahan, dan sukrosa bisa disebut juga dengan gula pasir.

Mengapa kurma cocok untuk berbuka puasa? Hal itu karena kurma mengandung zat gula 70%. Sebagaimana gula pada buah-buahan lainnya, zat gula ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh. Dengan begitu energi dan tenaga akan bertambah, tanpa mempersulit tubuh untuk menceran dan mengubah makanan tersebut menjadi zat-zat yang berguna lainnya

Keunggulan kurma lainnya mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang bisa diandalkan, serta niasin dan kalium dalam jumlah yang sangat andal. Selain itu, buah ini ternyata juga memuat berbagai zat gizi lain seperti zat besi, vitaminB, asam nikotinat serta serat (bukan zat gizi) dalam jumlah memadai.

3. Zat gizi lain yang terkandung dalam kurma
Dalam setiap 100 g kurma kering terkandung vitamin A 50 IU, tiamin 0,09 mg, riboflavin 0,10 mg, niasin 2,20 mg, serta kalium 666 mg. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat serta penting untuk fungsi jantung.

Riboflavin dan niasin. Misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara tiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Tiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.

Kurma juga mengandung banyak mineral penting , seperti magnesium, potasium dan kalsium. Mineral-mineral itu sangat diperlukan oleh tubuh. Serat yang terdapat dalam kurma berfungsi melunakkan usus dan mengaktifkannya, yang secara mempermudah buang air besar. Dalam kurma juga terdapat semacam hormon (potuchsin) yang boleh menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga boleh mencegah perdarahan rahim.

Sekian artikel ini. Kunjungi blog ini untuk informasi menarik lainnya. Sebagai sumber id.wikipedia.com dan www.jualkurmaajwa.com